cover
Contact Name
AFDHAL ILAHI
Contact Email
jipdas8@gmail.com
Phone
+6281277708480
Journal Mail Official
jipdas8@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sutan Mhd. Arif Kel. Batang Ayumi Jae, Kec. Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
ISSN : -     EISSN : 27752445     DOI : https://doi.org/10.37081/jipdas
Core Subject : Education,
Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal JIPDAS memiliki cakupan yang membahas tentang model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar yang berhubungan dengan pendidikan dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): Vol.1. No.1 Februari 2021" : 5 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DI KELAS III SD NEGERI NO 101720 MANGALEDANG TAHUN AJARAN 2019/2020 Tiurlan Tiurlan
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 1 (2021): Vol.1. No.1 Februari 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.068 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPA Macam-macam Energi dan Sumbernya dengan menggunakan metode discovery. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran metode discovery, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 101720 Mangaledang T. A 2019/2020 yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan dengan mengunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I, siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 70. Apabila nilai siswa kurang dari 70, maka siswa dikatakan tidak tuntas. Pada saat dilaksanakan Pretest dapat diketahui bahwa dari 20 siswa sebanyak 7 siswa (35%) tuntas, dan sebanyak 13 siswa (65%) tidak tuntas. Siklus I dapat diketahui bahwa dari 20 siswa sebanyak 13 siswa (65%) tuntas dan sebanyak 7 siswa (35%) tidak tuntas dengan rata-rata kelas 63,5. Jika dibandingkan dengan nilai dengan tes awal, maka telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan tes siklus II dapat diketahui sebanyak 20 siswa (90%) yang tuntas dan sebanyak 2 siswa (10%) yang tidak tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 81,75. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPA Macam-macam Energi dan Sumbernya dan sekaligus menandakan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya.
PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS IV SD NEGERI 228 HUTAGODANG Suriani Matondang
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 1 (2021): Vol.1. No.1 Februari 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.896 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 228 Hutagodang dengan model pembelajaran Picture and picture. Untuk mengetahui bagaimana peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 228 Hutagodang dengan model pembelajaran Picture and picture. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 228 yang beralamat di Hutagodang. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket dan tes. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 228 yang berjumlah 27 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran picture and picture. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan minat belajar siswa pada siklus I diketahui bahwa siswa yang memiliki minat sangat baik tidak ada atau 0 dan siswa yang memiliki minat baik juga tidak ada atau 0. Kemudian siswa yang memiliki minat cukup sebanyak 22 orang atau 81.48% dan siswa kurang berminat yakni sebanyak 5 siswa atau 18.52%. Adapun hasil dari siklus ke II siswa yang memiliki minat sangat baik berjumlah 19 siswa atau 70.375. Siswa yang memiliki minat baik sebanyak 6 orang atau 22.22%. Kemudian siswa yang memiliki minat cukup sebanyak 2 orang atau 7.41% dan siswa kurang berminat tidak ada atau 0. Berdasarkan hasil tes per siklus di atas diketahui pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 7 orang atau 25.93% sedangkan pada siklus yang ke II siswa yang tuntas sebanyak 24 atau 88.89%. Berdasarkan kriteria ketuntasan prestasi belajar siswa secara klasikal satu kelas dikatakan tuntas belajar apabila di dalam kelas tersebut telah terdapat 80%. dengan perolehan ketuntasan sebesar 88,89% maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 228 Hutagodang tuntas secara klasikal
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MENGGUNAKAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 103000 AEK JANGKANG KEC. PADANG BOLAK KAB. PADANG LAWAS UTARA Poltak Pembangunan
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 1 (2021): Vol.1. No.1 Februari 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.182 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat 1) Penggunaan Metode Investigasi Kelompok pada pelajaran IPS  Materi Koperasi di Kelas V  SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. 2) Peningkatan pengetahuan siswa tetang IPS  Materi Koperasi menggunakan  Metode Investigasi Kelompok pada siswa Kelas V  SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata siswa 68.48, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dengan ketuntasan mencapai 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS  Materi Koperasi di kelas V SD Negeri 103000 Aek Jangkang Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK PERPINDAHAN SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 101500 BATU GANA Aminah Aminah
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 1 (2021): Vol.1. No.1 Februari 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.358 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan minat belajar IPA siswa dalam menjawab pertanyaan materi perpindahan suhu dan kalor menggunakan Contextual Teaching And Learning  di kelas V SD Negeri Batu Gana Tahun Pelajaran 2019-2020, dan 2) Untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa dalam ranah kognitif tingkat (C2) materi perpindahan suhu dan kalor menggunakan Contextual Teaching And Learning  di kelas V SD Negeri Batu Gana Tahun Pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian ini adalah seluruh siswa V SD Negeri Batu Gana. Selanjutnya ditetapkan subjek sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah tes, angket, observasi dan kamera. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan teknik analisa data yaitu análisis tes hasil belajar, análisis aktivitas guru dan análisis aktivitas siswa. Hasil tes belajar pada studi awal 30%, siklus I memperoleh persentase sebesar 45%, pada sikllus II adalah persentase sebesar 80%, dan data hasil angket minat belajar siswa pada studi awal 57,07%, siklus I Pertemuan I 66,67, pertemuan II 67,87% dan siklus II Pertemuan I 76,93% dan pertemuan II 81,13%, kemudian persentase observasi responden guru pada siklus I sebesar 68,75% dengan kategori “Cukup” dan siklus II 80,42% dengan kategori “Baik” dan persentase observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 61% dengan kategori “Cukup” dan siklus II 82% dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat dan hasil belajar ipa materi pokok perpindahan suhu dan kalor  menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning di kelas V SD Negeri 101500 Batu Gana.
HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 100890 GUNUNGTUA Edy Humala
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) Vol 1 No 1 (2021): Vol.1. No.1 Februari 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.676 KB) | DOI: 10.37081/jipdas.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 100890 Gunungtua Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini di lakukan selama 2 bulan pada semester II. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang, dengan mengambil seluruh jumlah populasi karena jumlah populasi yang kurang dari 100 orang. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan dimulai dari bulan January sampai dengan bulan Maret. hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,41 dengan rtabel = 0,361 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,41 > 0,361 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka keterampilan mengajar guru memiliki hubungan yang positif dengan motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 2,378 dengan ttabel = 1,701 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 2,378 > 1,701 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga hubungan antara variabel x dan variabel y dikatakan signifikan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas IV  SD Negeri 100890 Gunungtua ”dapat diterima”.

Page 1 of 1 | Total Record : 5